• SMA NEGERI 1 CIPONGKOR
  • Smancip Juara

Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMAN 1 Cipongkor

Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMAN 1 Cipongkor

Oleh : Ganjar Permana, S.Pd.I

Penulis

            Ketika pertama kali ingin membuat sebuah tulisan saya teringat kalimat pepatah Arab  "Man Syabba 'Ala Syai'in, Syaaba 'Alaihi", (barang siapa yang membiasakan sesuatu (di waktu mudanya), maka ia akan terbiasa melakukannya (di masa tuanya).

            Dengan adanya kaidah tersebut menjadi motivasi penulis ingin membuat dan memaparkan tentang hal ini. Kebiasaan bisa diartikan sebagai sesuatu yang biasa dikerjakan.

            Kebiasaan juga bisa dimaknai sebagai pola untuk melakukan tanggapan terhadap situasi tertentu yang dipelajari oleh seorang individu dan yang dilakukannya secara berulang untuk hal yang sama.

            Prayitno (2004) mengatakan bahwa kebiasaan adalah tingkah laku yang cenderung selalu ditampilkan oleh individu dalam menghadapi keadaan tertentu atau ketika berada dalam keadaaan tertentu, kebiasaan terwujud dalam tingkah laku nyata seperti memberi salam, tersenyum, ataupun yang tidak nyata seperti berpikir, merasakan.

            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kebiasaan adalah : sesuatu yang biasa dikerjakan dan sebagainya. Begitu pula di SMAN 1 Cipongkor ingin peserta didiknya agar menjadi terbiasa dalam melakukan hal ibadah, yakni lewat pembiasaan shalat dhuha berjamah.

             Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Arti kata kebiasaan adalah penyusuaian. Arti lainnya dari pembiasaan adalah adaptasi.

kegiatan shalat duha kegiatan shalat duha

Pembiasaan shalat duha adalah suatu kegiatan mengerjakan sunah Rasulullah saw yaitu shalat dhuha yang dikerjakan secara berulang-ulang dan terus-menerus yang bertujuan agar shalat dhuha menjadi suatu rutinitas yang biasa dilakukan.

            Shalat Dhuha adalah Shalat Sunnah 2 rakaat yang dilaksanakan pada waktu dhuha, yaitu mulai naiknya matahari hingga sebelum tergelincir (Sholat Dzuhur). Shalat Sunnah yaitu shalat yang dianjurkan, artinya apabila mengerjakan shalat sunnah maka mendapatkan pahala dan apabila meninggalkan maka tidak memperoleh dosa. Namun keduanya sama-sama mempunyai nilai dzikir kepada Allah.

            Dhuha berarti waktu naiknya matahari di siang hari, sehingga shalat pada saat itu dinamakan shalat Dhuha. Sedangkan menurut Ubaid Ibnu Abdillah, yang dimaksud dengan shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan ketika pagi hari pada saat matahari sedang naik

            Dari segi makna pembiasaan shalat dhuha penulis ingin memaparkan tentang arti tersebut. Pembiasaan berasal dari kata “biasa” yang berarti lazim, umum, seperti sedia kala, sudah merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, sudah sering sekali. Shalat dhuha adalah shalat sunah yang menurut Sayyidina Ali r.a. dikerjakan oleh Rasulullah Saw ketika matahari naik di ufuk timur sejajar dengan matahari di ufuk barat ketika masuk waktu asar, yang berakhir pada pertengahan hari. shalat dhuha adalah sunah yang penuh dengan keutamaan, dan membawa pahala yang berlimpah. Mulai dari pahala serupa sedekah dan dosa yang terampuni.

            Dari istilah tersebut dapat disimpulkan bahwa pembiasaan shalat dhuha adalah suatu kegiatan mengerjakan sunah Rasulullah saw yaitu shalat dhuha yang dikerjakan secara berulang-ulang dan terus-menerus yang bertujuan agar shalat dhuha menjadi suatu rutinitas yang biasa dilakukan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupansehari-hari.

            Waktu pelaksanaan solat dhuha dimulai dari naiknya matahari sekitar satu atau dua tombak sampai tergelincirnya matahari.Awal waktu shalat Dhuha dimulai sejak naiknya matahari sekitarsatu tombak hingga waktu tergelincirnya. Tapi sunnahnya dikerjakan setelah matahari naik agak tinggi dan panas semakin menyengat. Sedangkan menurut Ubaid Ibnu Abdillah memaparkan yaitu disaat ketika matahari sudah naik dimulai saat matahari naik kira-lira sepenggalah atau kira-kira setinggi 7 hasta dan berakhir di saat matahari lingsir (sekitar pukul 07.00 sampai masuk waktu dhuhur), akan tetapi disunnahkan melaksanakannya di waktu yang agak akhir yaitu di saat matahari agak tinggi dan panas terik.

          Jadi shalat Dhuha didilaksanakan kira-kira pukul 07.00 pagi sampai sebelum jam 11 yaitu saat matahari sedang naik sampai sebelum waktu Dhuhur tiba. Jumlah rakaatnya minimal dua rakaat dan bisa dikerjakan maksimal dua belas rakaat, masing – masing rakaatnya diakhiri dengan satu salam. Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah sehingga orang yang mengerjakan akan mendapatkan pahala dan orang yang tidak mengerjakan tidak akan mendapat dosa.

Ada beberapa manfaat shalat Dhuha, dalam bukunya M. Khalilurrahman Al-Mahfani yang berjudul Berkah Sholat Dhuha, dijelaskan manfaat yang didapatkan dengan mengerjakan sholat Dhuha berdasarkan pengalaman-pengalaman dari orangorang yang mengerjakannya, antara lain:

  1. Hati menjadi tenang.
  2. Pikiran menjadi lebih konsentrasi.
  3. Kesehatan fisik terjaga.
  4. Mendapatkan Kemudahan atau jalan keluar dalam setiap urusan.
  5. Memperoleh rizki yang tidak disangka-sangka.
  6. Menjadi guat dan tekun dalam berusaha.
  7. Kecerdasan meningkat dan menjadikan lebih kreatif.
  8. Menjadikan istiqomah (menjalankan sesuatu pada waktunya).

        Adapun implementasi Solat Dhuha di SMAN 1 Cipongkor adalah sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan solat dhuha dilaksanakan sejak pukul 06.45 sampai 07.30 Siswa diharapkan datang pada jam tersebut dan langsung merapatkan diri ke masjid atau di lapangan SMAN 1 Cipongkor. Dan terdapat beberapa guru yang memantau pelaksanaan tersebut dan juga ikut melaksanakan solat dhuha tersebut. Dari program ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin, sopan santun dan religius dari siswa.
  2. Pembiasaan solat dhuha berjamaah dilaksanakan dengan sikap semangat oleh seluruh warga sekolah Sikap semangat ini dilakukan oleh seluruh siswa SMAN 1 Cipongkor. Sebab semua siswa baik laki-laki maupun perempuan melaksanakanya pada pagi hari, kecuali siswa perempuan yang tidak dapat melaksanakan solat karena berhalangan. Bukan hanya siswanya tetapi semua dewan guru dan staf tata usaha juga ikut melaksanakannya.
  3. Solat dhuha berjamaah dilakukan dengan sikap kebersamaan Solat dhuha yang dilakukan berjamaah ini mengandung sikap kebersamaan. Kebersamaan yang muncul dalam hal ini program tersebut tidak dilakukan secara individual melainkan dengan cara bersama atau berjamaah. Namun diharuskan ada yang menjadi pemimpim atau imam dalam pelaksanaannya. Sehingga dalam kesehariannya mereka akan merasa ada yang kurang jika tidak bersama teman-teman mereka.
  4. Solat dhuha berjamaah dilakukan melalui keteladan (pemberian contoh) Setiap bapak dan ibu dewan guru SMAN 1 Cipongkor selalu memberikan keteladanan dan contoh yang baik pada seluruh peserta didiknya. Hal ini dapat dilihat melalui program pembiasaan solat dhuha tersebut hampir seluruh guru melaksanakannya bersamaan dengan siswanya. Inilah yang nantinya diharapkan dapat dicontoh oleh seluruh siswanya dan agar terlatih dalam melaksanakan solat dhuha berjamaah.
  5. Solat dhuha berjamaah dilakukan melalui pemotivasian Dalam melaksankan sholat dhuha berjamaah, guru-guru di SMAN 1 Cipongkor tak hentihentinya mengajak para siswa untuk sering melaksanakan kegiatan pembiasaan solat dhuha berjamaah ini.

            SMAN 1 Cipongkor merupakan sekolah pendidikan moral yang lebih menekankan pada penanaman moral baik bagi peserta didiknya sebab sekolah ini merupakan sekolah menengah atas satu-satunya di Kecamatan Cipongkor, oleh sebab itu semua dewan guru diharapkan dapat menanamkan moral baik pada peserta didiknya.

            Moral merupakan sopan santun, kebiasaan, adat istiadat dan aturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya. Moral adalah suatu tindakan atau perilaku seseorang dalam interaksinya dan berbuat dengan manusia lainnhya. Melalui program pembiasaan solat dhuha, SMAN 1 Cipongkor mengharapkan peserta didiknya dapat bersikap sopan santun dan saling menghormati kepada siapapun, memiliki nilai religius serta disiplin dalam bertindak.

            Adapun dampak pelaksanaan Solat Dhuha berjamaah terhadap peningkatan moral siswa di SMAN 1 Cipongkor adalah sebagai berikut :

  1. Melalui pembiasaan solat dhuha dapat meningkatkan sikap disiplin peserta didik Kedisiplinan disini yaitu setiap siswa dapat mengendalikan dirinya agar tidak datang terlambat ke sekolah. Sebab ketika mereka sampai di sekolah maka jam 06.50 sudah dilaksanakan kegiatan solat dhuha berjamaah. Para guru juga dapat mengkordinir siswa dalam melaksanakan kegiatan pagi untuk solat dhuha. Selanjutnya siswa juga bisa mengatur waktu dengan baik bagaimana dalam memulai kegiatan dari pagi sampai siang hari. Sehingga kedisiplinan waktu dapat dimiliki oleh masingmasing peserta didik. Disiplin disini juga berlaku pada saat keluar dan masuk kelas mereka tidak akan keluar kelas sebelum jam pelajaran berakhir.
  2. Melalui pembiasaan solat dhuha dapat meningkatkan sikap religius peserta didik.
  3. Melalui pembiasaan solat dhuha diharapkan peserta didik dapat menjalankannya secara berulang-ulang dan terus-menerus yang bertujuan agar shalat dhuha menjadi suatu rutinitas yang biasa dilakukan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Jadi melalui program sekolah berupa pembiasaan shalat dhuha agar siswa memiliki sikap dan tindakan yang berdasarkan pada nilai-nilai ketuhanan dan ketaatan terhadap suatu aturan atau tata tertib.

            Kemudian diharapkan juga nantinya shalat dhuha menjadi suatu rutinitas yang biasa dilakukan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari hari siswa di SMAN 1 Cipongkor bukan hanya itu pesrta didik diharapkan mampu menghormati dan berbakti pada orang tua dan guru serta orang lain melalui penanaman nilai agama.

            Upaya untuk menumbuhkan sikan religius ini dilakukan dengan kegiatan berdoa setiap harinya dan ditunjang pada pembelajaran agama yang berorientasi pada praktik. Melalui pembiasaan solat dhuha dapat meningkatkan sikap tanggung jawab pada peserta didik Program pembiasaan solat dhuha ini adalah program yang wajib dilakukan oleh para siswa. Jadi siswa dapat melaksanakan solat dhuha tanpa disuruh – suruh oleh gurunya sehingga dapat dikatakan mereka memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan solat dhuha. Tanggung jawab disini bukan hanya hal solat dhuha saja melainkan ketika mereka mendapatkan tugas mereka sepenuh hati akan mengerjakan tugas tersebut.

            Melalui pembiasaan solat dhuha dapat meningkatkan sikap mandiri Dengan adanya program pembiasaan solat dhuha ini maka peserta didik akan 

terbiasa melakukan solat dan dikerjakan dengan rutin sehingga dapat memunculkan sikap mandiri pada diri masing-masing peserta didik. Melalui pembiasaan solat dhuha dapat meningkatkan nilai jujur Nilai jujur disini dapat dilihat melalui pelaksanaan ulangan setiap mata pelajaran.

            Meskipun terdapat beberapa anak yang mencontoh tetapi sebagian besar peserta didik telah mengembangkan nilai jujur pada saat ulangan dan ketika berada dikantin pula mereka menekankan nilai jujur. untuk mengukur kejujuran disekolah ini juga pernah memberlakukan pembagian angket pada saat mata pelajaran tertentu untuk menilai temannya yang sebangku dengan dirinya dan harus diiisi dengan jujur oleh masing-masing peserta didik.

            Jadi melalui program sekolah berupa pembiasaan shalat dhuha agar peserta didik memiliki sikap dan tindakan yang berdasarkan pada nilai-nilai ketuhanan dan ketaatan terhadap suatu aturan atau tata tertib. Kemudian diharapkan juga nantinya shalat dhuha menjadi suatu rutinitas yang biasa dilakukan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seharihari peserta didik di SMA Negeri 1 Cipongkor.

            Penulis juga ingin mengajak untuk mebiasakan shalat dhuha, karena berdasarkan hadist riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah, "Kekasihku Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. (1) puasa tiga hari dari setiap bulan, (2) dua rakaat sholat Dhuha, dan (3) agar aku sholat witir sebelum tidur."

            Ada 9 Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha, Lancar Rezeki Hingga Urusan Dunia"

  1. Dibuatkan Istana di Surga
  2. Diampuni Dosanya
  3. Mencegah Penyakit
  4. Manfaat Sholat Dhuha untuk Rezeki
  5. Waktu Terbaik untuk Berdoa
  6. Dapat Pahala Setara Umrah
  7. Sedekah untuk Seluruh Tubuh
  8. Mendapat Keuntungan yang Besar
  9. Sholatnya Orang yang Kembali Taat

            Oleh karena itu, marilah kita semua belajar untuk mebiasakan shalat dhuha, dan semoga kita diberikan kesehatan, kekuatan  beserta panjng umur untuk selalu meningkartkan ibadah karena allah. Marilah kita berdo’a semoga kita selalu diberi rahmat dan ampunan juga hidup kita diberi keberkahan dalam segala hal, amiin. Akhir kata semoga tulisan ini bermanfaat, dan demikianlah yang dapat penulis sampaikan.

 

 Guru SMAN 1 Cipongkor

 Ganjar Permana. S.Pd,I

 

Komentar

masya Allah sangat inspiratif

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
ALL ABOUT “TAMAN BERLAYAR”

ALL ABOUT “TAMAN BERLAYAR” Oleh: Iman Budiman *) Dokumentasi Pribadi: Taman Berlayar SMA Negeri 1 Cipongkor dibangun dan diresmikan pada 22 Oktober 2019 oleh Drs. Adi

15/03/2022 08:48 - Oleh Administrator - Dilihat 742 kali
Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMAN 1 Cipongkor

Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMAN 1 Cipongkor Oleh : Ganjar Permana, S.Pd.I             Ketika pertama kali ingin membuat sebuah tulisan saya teri

18/02/2022 14:42 - Oleh Administrator - Dilihat 10419 kali